Cara Mengatasi Port USB Tidak Berfungsi Pada PC Atau Laptop

Jika pada ulasan sebelumnya tim Katatekno.com telah membahas mengenai cara memperbaiki kartu SD rusak tidak terbaca, maka pada kesempatan yang baik dan bersahaja ini, kami akan memberikan solusi kepada anda meneganai Cara Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi. Cara ini tentu sangat penting untuk anda, apalagi bagi anda yang memiliki pekerjaan tidak jauh-jauh dari port USB (Universal Serial Bus) dan Laptop atau PC.

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama Port USB adalah satu-satunya lubang atau saluran penghubung antara PC atau laptop dengan perangkat penghubung lainnya seperti misalnya Modem, Mouse, Keyboard, Flasdisk, Hardisk, kabel Data, serta perangkat memori external lainnya. Apabila Port USB tidak berfungsi atau bermasalah tentu kita akan kesulitan untuk mengambil data, atau mengcopy data dari perangkat eksternal.

Sebenarnya wajar saja jika Port USB bermasalah atau tidak berfungsi, sebab saluran atau lubang Port USB merupakan bagian laptop atau PC yang memiliki mobilitas tinggi. Sebab banyak perangkat yang setiap harinya keluar masuk. Manusia juga kalau terus-terusan dipakai akan mengalami masalah. Kendati demikian anda tidak usah bingung. Sebab kami akan memberikan solusi kepada anda untuk menangani masalah atau kasus tersebut.

Cara Mengatasi Port USB Tidak Berfungsi Pada PC Atau Laptop

Dengan begitu anda tidak usah pergi ke tempat service. Tentu anda tahu sendiri jika pergi ke tempat service anda akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun sebelum membaca Cara Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi, ada baiknya anda cek dulu penyebab Port USB tidak berfungsi. Apabila kelihatan rusaknya parah atau ada bagian yang terkelupas atau retak, alangkah baiknya bawa saja ke tempat service. Namun jika terlihat baik-baik saja anda bisa lakukan cara berikut ini :

Cara Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi Pada Komputer

Sedikitnya ada empat cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki Port USB yang tidak berfungsi. Kami bagikan keempat cara ini agar anda bisa memilih salah satu cara yang menurut anda mudah untuk dilakukan atau juga sebagai alternatif jika salah satu cara yang anda terapkan tidak berhasil atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya silakan anda simak ulasan berikut:

  1. Merestart Laptop Atau PC

Cara yang pertama dang sangat mudah anda lakukan adalah dengan merestart laptop atau PC anda agar lebih segar. Hal ini penting untuk anda lakukan sebab laptop atau PC akan melakukan scan otomatis untuk memulihkan sistem pada software atau memulihkan kinerja dari hardware. Jika sudah anda restart silakan coba tancapkan flasdisk, hardisk, atau perangkat memori eksternal lainnya. pastikan juga jika perangkat memori eksternal tersebut dalam keadaan baik. Anda bisa cek menggunakan laptop teman.

  1. Gunakan Device Manager

Apabila cara yang pertama mengalami kendala atau kegagalan, anda bisa menggunakan cara yang kedua untuk memperbaiki port USB yang error. Silakan masuk ke device manager pada laptop atau PC yang bermasalah tersebut. Lalu klik start dan berikutnya pilih run. Apabila device manager telah terbuka silakan klik scan for hardware changes. Untuk memastikan berhasil atau tidak silakan cek dengan menggunakan metode yang sama pada cara yang pertama.

  1. Lakukan Uninstall USB Controllers

Cara yang ketiga ini bisa anda lakukan apabila cara yang pertama dan yang kedua tidak mampu mengatasi Port USB yang tidak berfungsi. Silakan masuk ke device manager dengan cara yang sama pada pembahasan cara yang kedua. Pada saat device manager terbuka pilih universal serial bus controlers, lalu klik kanan pada USB controller dan pilih uninstall. Terakhir silakan lakukan restart laptop anda, maka sistem pada laptop anda akan melakukan reinstall secara otomatis

  1. Nonaktifkan Selective Suspend Feature

Cara terakhir ini bisa anda lakukan jika ketiga cara tidak mampu memperbaiki Port USB yang bermasalah. Cara yang terakhir ini juga tergolong ampuh dan mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Silakan klik start, lalu pilih run, dan ketik regedit. Apabila registry editor sudah terbuka pilih tulisan HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet \Services\USB. Jika terdapat disable suspend, klik saja dua kali. Jika tidak silakan pilih new pada menu edit, klik dword, ketik disable selevtive suspend lalu enter. Selanjutnya klik modify menu edit, masukan angka satu lalu klik OK. Silakan restart komputer anda, dan cek seperti pada cara pertama dan kedua.

Baca Juga:

Cara Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi  di atas, sudah teruji ampuh tanpa harus pergi ke tukang service. Silakan anda lakukan dan praktikan sendiri. Sekian yang dapat kami informasikan sampai jumpa pada pembahasan kami selanjutnya.

You May Also Like

About the Author: Kata Tekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *