Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Kuota Internet

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Kuota Internet – Sekarang ini WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain bisa chatting kita juga bisa telepon dan berkirim file.

Tidak hanya itu saja, ada banyak kelebihan WhatsApp lainnya yang tentunya membuat banyak pengguna betah menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi banyak yang kurang puas karena aplikasi ini harus digunakan dengan data internet.

Lalu apakah bisa kita kirim pesan WA tanpa kuota internet? Hal ini sangat mudah dilakukan, jika kamu tak bisa membalas pesan WhatsApp gegara kuota data internet habis atau ponsel mati karena lowbat? Tenang ada cara untuk mengakalinya.

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Kuota Internet

Ada dua langkah untuk berkirim WA tanpa kuota data internet ataupun ponsel dalam kondisi mati kehabisan baterai. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi untuk kamu yang super sibuk tentu cara ini sangatlah berarti untuk kamu.

Untuk dapat mengetahui bagaimana Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Kuota Internet. Kalian bisa simak dan baca informasi yang akan kami sampaikan ini sampai selesai dan pahami dengan baik.

Sekilas Sejarah WhatsApp

WhatsApp dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum, yang sebelumnya karyawan di Yahoo. Pada Januari 2009, ketika membeli sebuah iPhone, Koum dan Acton menyadari akan potensi dari industri aplikasi software pada App Store(iOS).

Kemudian mereka mulai mengunjungi Alex Fishman yang merupakan seorang teman Koum di West San Jose untuk membicarakan model baru aplikasi berkirim pesan yang akan menunjukkan “status di samping nama individu”.

Mereka tahu bahwa untuk melangkah lebih jauh dibutuhkan seorang pengembang iPhone. Fishman mengunjungi situs RentAcoder.com, menemukan developer berkebangsaan Rusia bernama Igor Solomennikov, dan memperkenalkannya kepada Koum.

Koum menamakan aplikasinya WhatsApp agar terdengar seperti “What’s up” yang berarti apa kabar. Pada 24 Februari 2009 dia melegalkannya[10] menjadi perusahaan WhatsApp Inc. di California.

Versi paling awal dari dari WhatsApp sering mengalami crash komputer, membuat Koum mempertimbangkan untuk menyerah dan mencari pekerjaan baru. Namun Acton memintanya bersabar menunggu untuk “beberapa bulan lagi”.

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Kuota Internet

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan, yaitu dengan jara menghubungkan dengan Wifi atau juga dengan cara menggunakan WhatsApp Web. Selengkapnya silakan kalian simak penjelasan berikut ini.

1. Koneksi WiFi

Jika tidak ada kuota internet, agar tetap bisa berkirim WA tinggal koneksikan ke jaringan WiFi. Hanya saja cara ini tidak bisa dilakukan bilamana ponsel dalam kondisi mati kehabisan daya, maka gunakan langkah kedua.

2. WhatsApp Web

WhatsApp punya fitur Multi Perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp miliknya ke perangkat lain secara mandiri. Dalam artian tanpa memerlukan HP yang selalu menyala dan terhubung internet.

Seperti kita ketahui, saat mengakses WhatsApp Web maupun Desktop HP diwajibkan standby. Begitu tidak terkoneksi dengan internet apalagi kondisi mati, kita tidak dapat berkirim dan menerima pesan di WA Web atau WA Desktop.

Fitur WhatsApp Multi Perangkat sudah mulai digulirkan ke seluruh pengguna. Namun sedikit catatan, fitur baru ini hanya bisa digunakan hingga empat perangkat saja.

Selain itu beberapa fitur untuk saat ini tidak didukung. WhatsApp mengatakan dalam posting blognya bahwa pengguna tidak dapat membersihkan atau menghapus percakapan di perangkat yang terhubung jika perangkat utamanya adalah iPhone.

Batasan lainnya adalah WhatsApp tidak mengizinkan penggunaan fitur ini di tablet. Selain itu, aplikasi tidak akan mengizinkan panggilan atau pesan ke perangkat yang menjalankan aplikasi versi lama. Perangkat yang terhubung tidak dapat melihat lokasi real time dan tidak dapat membuat atau melihat pesan broadcast.

Kendati setelah terhubung kita tidak membutuhkan HP yang terkoneksi internet, namun WhatsApp masih memberikan batasan. Jadi jika kamu tidak membuka aplikasi WhatsApp di HP (terkoneksi internet) setelah 14 hari maka semua perangkat yang ditautkan akan keluar secara otomatis.

Kalau soal keamanan tidak perlu khawatir, WhatsApp telah memastikan bahwa fitur Multi Device telah mendukung enkripsi ujung ke ujung. Artinya semua pesan pribadi, media, dan panggilan akan tetap terjaga privasinya.

Cara Kirim WhatsApp Saat HP Mati atau Tak Terkoneksi Internet

Perlu dicatat bahwa kamu akan diminta untuk menautkan perangkat ke WhatsApp Web atau Desktop pada tahap awal. Setelah itu kamu dapat menggunakan WhatsApp tanpa menghubungkan HP. Berikut ini cara melakukannya.

  1. Buka WhatsApp di HP dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas (Android) atau tekan menu Settings di pojok kanan bawah (iPhone)
  2. Tekan opsi Linked Devices atau Perangkat Tertau
  3. Tekan Multi-Device Beta di bagian bawah. WhatsApp kemudian akan menampilkan halaman yang menjelaskan batasan fitur dan hal lainnya.
  4. Ketuk tombol Join Beta atau Gabung Beta, diikuti menekan Lanjutkan atau Next
  5. Selanjutnya tinggal menautkan HP ke WhatsApp Web atau Desktop dengan memindai kode QR
  6. Dari sini kamu bisa menggunakan WhatsApp Web ataupun Desktop tanpa perlu HP terhubung dengan internet

Cara Mengatasi Scan QR code WhatsApp Web Gagal

Saat menggunakan WhatsApp Web, Anda akan melakukan scan QR code WhatsApp Web yang tampil di layar browser. Meski demikian, beberapa pengguna terkadang mengalami kendali yaitu tidak bisa melakukan scan WhatsApp Web untuk login ke akun WhatsAppnya.

Faktor tidak dapat scan QR code bisa jadi disebabkan beberapa hal. Yakni koneksi internet yang tidak stabil, versi peramban sudah terlalu lama, dan lainnya. QR code WhatsApp Web bisa saja tidak tampil di layar akibat koneksi internet Anda sedang lambat atau terputus. Anda harus melakukan pengecekan koneksi internet pada PC.

Kemudian, Anda juga harus memastikan bahwa koneksi internet di ponsel juga berjalan dengan lancar. Ponsel dan PC harus memiliki koneksi internet yang stabil untuk menggunakan WhatsApp Web. Apabila tidak, maka pengguna tidak bisa melakukan scan QR code WhatsApp Web.

Kemudian, Anda dapat melakukan refresh dengan menekan shortcut keyboard F5, jika kode QR WhatsApp Web tidak dapat muncul di layar PC. Jika masih belum termuat, solusi selanjutnya adalah menutup tab WhatsApp Web dan coba memuatnya kembali.

Salah satu penyebab QR Code WhatsApp Web tidak termuat di layar adalah Anda terlalu banyak menjalankan tab aktif di browser. Hal ini bisa jadi akan memperlambat koneksi internet pada PC.

Postingan Terkait

Penutup

Demikian informasi seputar penggunaan fitur WhatsApp terkhusus Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Kuota Internet. Meski serba guna, pastikan Anda tetap menjaga privasi dan keamanan Anda selama berkirim pesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.